Waspadalah dengan 10 penyakit paling mematikan ini

Pada zaman modern ini banyak sekali penyakit yang muncul dan semuanya sangat berbahaya bagi tubuh. Apa saja jenis penyakit paling mematikan yang paling banyak memakan korban? ini daftarnya.

Dari beberapa penyakit yang akan kami rangkum ada beberapa yang tidak menular, sebagai contoh stroke dan sakit jantung, juga beberapa ada yang bisa menular seperti HIV/ AIDS, cara menularnya adalah melalui hubungan intim yang tidak sehat (sembarangan) dan jarum suntik yang tidak steril.

Berikut kami rangkum 10 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia, dengan mengetahuinya anda bisa lebih menjaga keluarga anda, karena penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda, bahkan bisa menyerang anak-anak sekalipun.

10

Malaria dan DBD


Saya Malaria dan DBD (Demam Berdarah Dengue) menjadi satu kategori karena media penularannya adalah sama, yaitu melalui nyamuk.

Mari kita cari tahu satu persatu tentang kedua penyakit diatas :

Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles, ada beberapa macam penyakit malaria saat ini yaitu malaria tertiana, malaria pernisiosa, malaria selebral, dan malaria quartana. Sedangkan yang paling berbahaya adalah malaria pernisiosa dan malaria selebral. Penyakit tersebut bisa mengakibatkan penderitanya meninggal.

DBD adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, Virus Dengue yang menyebar melalui gigitan nyamuk tersebut bisa menyebabkan pusing, demam, dan nyeri pada otot, sendi, dan pada bola mata.

Virus Dengue tersebut juga sering mengakibatkan kematian karena penderita akan merasakan nyeri perut, sulit bernapas, juga penurunan trombosit darah yang bisa mengakibatkan pendarahan internal.

Tanda-tanda yang bisa ditemui ketika anda terkena Malaria ataupun Demam Berdarah hampir sama yaitu, mengalami demam yang berlebihan, menggigil, muntah-muntah, nyeri pada seluruh persendian tubuh, dan urin menjadi keruh.

9

Diare


Diare memang seperti penyakit yang remeh dan tidak berbahaya, namun kita tidak boleh berpikiran seperti itu, menurut WHO (World Health Organization) penyakit diare setidaknya bisa menyebabkan 1,5 juta kematian diseluruh dunia.

Penyakit Diare juga tidak pernah memandang usia, mulai dari orang tua, sampai bayi pun bisa terserang penyakit ini, penderita mengalami mencret-mencret dan dapat membuat dehidrasi, serta pola makan penderita juga menjadi tidak normal, jika dibiarkan bisa berujung kematian.

Virus Diare bisa dicegah dengan pola hidup sehat dan bersih,dan tidak mengkonsumsi makanan yang membuat alergi.

8

Penyakit Liver / Hati


Penyakit Liver adalah penyakit yang disebabkan beberapa faktor yang merusak hati, seperti penggunaan alkohol atau obat-obat terlarang. Obesitas (Kelebihan Makan / Kelebihan Berat Badan) juga bisa mengakibatkan kerusakan hati, jika manusia sudah mengalami kerusakan hati, maka dampak yang muncul selanjutnya adalah luka pada jaringan saraf yang dapat menyebabkan gagal hati dan bisa berdampak kematian.

Selain faktor diatas masih ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit liver yaitu kelainan sistem kekebalan tubuh dan genetika / keturunan.

7

HIV / AIDS


HIV / AIDS merupakan penyakit berbahaya yang bisa menular melalui hubungan intim, HIV sendiri memiliki kepanjangan Human Immunodeficiency Virus (Virus yang bisa merusak kekebalan tubuh), sehingga keadaan tubuh jadi tidak sehat dan lemah dalam menangkal penyakit lain seperti TBC, Diare, dll.

Virus ini juga sangat berbahaya, dari data WHO (World Health Organization) diperkirakan 1,5 juta orang meninggal per tahun.

6

Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi


Definisi Hipertensi adalah kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat, jika peningkatan tersebut terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerja jantung menjadi terganggu dan mengakibatkan kematian, juga biasa dikenal sebagai “Pembunuh diam-diam”, karena tidak ada gejala yang jelas untuk penyakit ini.

5

Tubercolusis Pernapasan


TBC merupakan penyakit pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, infeksi ini biasanya terjadi di paru-paru bagian atas, penyakit ini sangat menular dengan media udara pada saat penderita meludah, batuk, bersin dll.

Gejala orang yang terkena TBC antara lain adalah : Berkeringat dimalam hari, Sakit dan nyeri di bagian dada atas, dan juga kehilangan berat badan secara bertahap.

Menurut WHO (World Health Organization) penderita TBC yang meninggal pertahun sampai di angka 3 juta per-tahun.

4

Diabetes Mellitus


Diabetes mellitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh gula darah tinggi. Diabetes Mellitus menurut WHO (World Health Organization) menyebabkan 1,5 juta kematian per tahun disebabkan penyakit tersebut.

Diabetes sendiri mampu menyebabkan penderitanya  terserang penyakit mematikan lain seperti stroke, jantung koroner serta gagal ginjal, dan bisa mengakibatkan komplikasi yang berujung kematian jika tidak segera ditangani.

Cara mencegah Dibetes adalah dengan mengurangi asupan gula dan garam, dan mengatur gaya hidup yang sehat.

3

Kanker


Pada tahun-tahun ini kita semakin sering mendengar tentang penyakit “kanker” yang diderita oleh kerabat, keluarga, bahkan artis sekalipun dan kebanyakan berujung kematian.

Kanker dapat menyerang semua umur, mulai anak-anak, dewasa, bahkan orang tua sekalipun, dan hampir 70% penderita kanker berakhir dengan kematian karena rusaknya salah satu organ tubuh karena penyakit tersebut.

Terdapat banyak sekali jenis kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker rahim, kanker usus, kanker payudara, dll. Menurut WHO (World Health Organization) diperkirakan sekitar 7.6 juta orang meninggal karena kanker pada tahun 2008.

2

Jantung Koroner


Penyakit jantung koroner menduduki peringkat nomer 2 dari Penyakit Paling Mematikan di Indonesia, bahkan PJK ini menjadi penyakit terganas nomer 1 didunia menurut WHO (World Health Organization).

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit yang terjadi pada saat jantung tidak berfungsi dengan baik ketika pembuluh arteri mengeras dan menyempit akibat kolesterol (biasa disebut juga dengan Plak). Ketika plak semakin menumpuk menyebabkan darah sulit mengalir, dan jantung tidak mendapat pasokan darah, nutrisi, dan oksigen yang dibutuhkan jantung untuk berfungsi dengan baik.

Kita harus waspada terhadap gejala jantung koroner yaitu Nyeri dada, Sesak Napas, dan jantung terasa sangat nyeri.

Hal yang harus dihindari untuk mencegah penyakit Jantung Koroner antara lain : Kebiasaan merokok, kegemukan (obesitas), stress yang tinggi, dan gaya hidup yang tidak sehat.

1

Stroke


Penyakit Stroke merupakan “Pembunuh” Nomer 1 di indonesia, karena kita bisa menemui penderita stroke hampir disetiap desa di indonesia, penyakit stroke adalah penyakit yang menyerang bagian-bagian saraf tubuh yang mengakibatkan kelumpuhan.

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan Stroke antara lain : Umur, Genetik / keturunan, ada riwayat penyakit berbahaya lain seperti serangan jantung, diabetes, darah tinggi. Juga bisa disebabkan oleh faktor kegemukan, dan juga kebiasaan merokok. Stroke bisa dicegah dengan Gaya hidup yang sehat, mulai makanan bergizi, berhenti merokok, olahraga teratur, dan juga hindari stress yang berlebihan.