10 Tempat Wisata di Indonesia yang Digemari Turis Asing

Tempat wisata di Indonesia

Indonesia memiliki banyak obyek wisata, mulai dari yang menawarkan keindahan alam hingga keunikan budaya. Banyak sekali obyek-obyek wisata kelas dunia yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Baik itu berupa keindahan alam, keragaman flora-fauna, dan kebudayaan yang khas.

Sayangnya tidak semua tempat wisata tersebut terekspos dengan baik dan memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi. Sehingga hanya beberapa tempat wisata saja yang banyak dikunjungi pelancong mancanegara. Berikut 10 tempat wisata di Indonesia yang digemari turis asing:

10

Raja Ampat

Raja Ampat

Pixabay

Raja Ampat bisa dibilang sebagai pendatang baru dalam jagat pariwisata Indonesia. Tempat ini menawarkan keindahan alam pesisir dan bawah laut. Meskipun relatif baru, Raja Ampat dengan mudah bisa terkenal dan mendapat banyak kunjungan turis asing.

Sayangnya mutiara di Papua ini cukup sulit dijangkau. Infrastruktur transportasinya masih elit dan dirasakan terlalu mahal. Tapi seiring dengan semakin banyaknya jumlah kunjungan, biaya transportasi dan akomodasi sedikit demi sedikit mulai bisa bersaing.

Setiap tahunnya Raja Ampat dikunjungi tak kurang dari 30 ribu turis asing dengan kenaikan jumlah kunjungan yang pesat dari tahun ke tahun.

9

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Wikimedia

Pulau yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia versi  New Seven Wonders of Nature. Selain menawarkan satwa Komodo sebagai satu-satunya kadal purba yang  masih hidup di bumi ini, pulau ini memiliki keindahan daratan dan alam bawah laut yang sangat luar biasa. Bisa dinikmati dengan cara trekking, menyelam hingga snorkerling.

Pada tahun 2017 lalu, Pulau Komodo yang terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) didatangi 79 ribu turis asing.

8

Bunaken

Bunaken

Wikimedia

Bunaken terletak tidak jauh dari Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Tempat ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang tiada duanya. Keragaman flora dan fauna laut Bunaken mengundang rasa penasaran turis-turis asing untuk melihatnya.

Bunaken menjadi tujuan utama turis asing yang datang ke Manado. Tahun lalu turis asing yang mengujungi Manado mencapai 120 ribu orang.

7

Tana Toraja

Tempat Wisata di Tana Toraja

Wikimedia

Tana Toraja terletak di Sulawesi Selatan, tempat-tempat wisata yang ditawarkan sangat kaya dengan kebudayaan yang unik. Kebudayaan yang menjadi daya tarik utama Tana Toraja. Meskipun begitu keindahan alam Tana Toraja juga bisa dibilang memukau.

Tana Toraja menjadi magnet kunjungan wisata Sulawesi Selatan, dimana setiap tahunnya terdapat 120 ribu turs asing yang mendatangi tempat ini.

6

Danau Toba

Tempat Wisata di Danau Toba

Wikimedia

Danau Toba merupakan danau yang terbentuk dari letusan gunung api terbesar se-dunia. Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini memiliki pulau ditengahnya yang menjadi kabupaten tersendiri yakni Kabupaten Samosir.

Pada tahun 2017 lalu, Sumatera Utara dikunjungi 260 ribu turis asing yang sebagian besarnya tentu datang Danau Toba.

5

Candi Borobudur

Borobudur

Pixabay

Candi terbesar sedunia ini didirikan pada abad 7-8 di masa Wangsa Syailendra. Candi ini sempat terkubur timbunan pasir dan ditemukan kembali oleh pemerintah Hindia Belanda. Kemudian dilakukan restorasi hingga berbentuk seperti saat ini.

Candi Borobudur terletak di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pada tahun 2016 lalu, kunjungan turis asing ke kompleks oercandian di Magelang mencapai lebih dari 500 ribu orang, namun hanya sekitar 186 ribu yang datang ke Borobudur.

4

Yogyakarta

Tempat Wisata di Jogja

Yogyakarta satu-satunya daerah di Indonesia yang dipimpin seorang raja. Sultan Jogja secara otomatis menjadi Gubernur, sedangkan wakilnya dijabat oleh Pakualam. Banyak tempat wisata di Yogyakarta yang kental dengan nuansa kebudayaan.

Tahun 2017 lalu Yogyakarta disambangi 5 juta wisatawan yang terdiri dari 4,7 juta turis lokal dan 390 ribu turis asing. Mereka menyebar ke berbagai obyek wisata yang ada di Yogyakarta dan kota-kota sekitarnya. Lihat 10 tempat wisata populer di Yogyakarta.

3

Lombok

Tempat Wisata di Lombok

Wikimedia

Pulau yang lokasinya berdekatan dengan Bali memiliki alam yang tak kalah elok dengan Bali. Beberapa diantaranya menjadi destinasi favorit turis asing.

Tahun 2017 lalu Nusa Tenggara Barat (NTB) kedatangan 3,5 juta wisatawan yang sebagian besarnya datang ke Pulau Lombok. Dari jumlah tersebut terdiri dari 2 juta wisatawan lokal dan 1,5 juta wisatawan asing. Lihat juga 10 tujuan wisata di Lombok.

1

Bali

Tempat Wisata di Bali

Pixabay

Bali memang rajanya tempat wisata Indonesia. Bali menawarkan keunikan budaya dan alam yang elok. Pulau ini menjadi tujuan hampir setengah wisatawan asing yang datang ke Indonesia.

Tahun 2017 lalu tercatat sekitar 14 juta wisatawan asing yang datang ke Indonesia, dari jumlah itu 5,7 juta diantaranya datang ke Bali. Sedangkan turis lokal yang datang ke Bali tercatat 8,7 juta wisatawan.

Hingga kini Bali terus menambah obyek-obyek wisata baru. Lihat 10 tempat wisata paling populer di Bali.

Loading...