10 Tempat Wisata di Bali Paling Populer

Tempat Wisata di Bali
Wikimedia

Bagi sebagian besar pelancong, Bali identik dengan pantai-pantainya yang sangat populer seperti Kuta dan Sanur. Namun  ternyata obyek wisata yang paling banyak dikunjungi bukanlah pantai-pantai tersebut. Melainkan tempat-tempat kebudayaan dan hiburan seperti pura dan taman wisata.note

Berikut 10 tempat wisata di Bali yang paling populer, berdasarkan statistik kunjungan turis tahun 2015 yang dikeluarkan BPS Provinsi Bali.

10

Bali Zoo (209 ribu kunjungan)

Bali Zoo

Wikimedia

Kebun Binatang Bali mengemban misi melestarikan satwa-satwa langka dan area wisata. Jumah koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini mencapai 450 satwa. Kebun Binatang ini memiliki luas 3,5 hektar, berlokasi di Kabupaten Gianyar.

Kebun Binatang Bali membukukan 209 ribu kunjungan wisatawan. Kebun binatang ini disebut-sebut sebagai salah satu kebun binatang terbaik se Asia-Pasifik lho…

9

Goa Gajah (290 ribu kunjungan)

Goa Gajah

Wikimedia

Namanya saja Goa Gajah tapi jangan salah duga, tidak ada seekor gajah pun di sini. Goa Gajah adalah tempat pemujaan atau tempat ibadah. Ditemukan pada tahun 1923 oleh L.C Heyting yang melaporkan penemuan arca Ganesha kepada pemerintah Hindia Belanda. Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kabupaten Gianyar.

Goa Gajah membukukan 290 ribu kunjungan wisatawan.

8

Bali Safari & Marine Park (293 ribu kunjungan)

Bali Safari & Marine Park

Wikimedia

Bali Safari & Marine Park berada dibawah grup dengan Taman Safari Indonesia. Taman ini menampilkan satwa dari tiga wilayah, yakni Indonesia, India dan Afrika. Taman dengan luas sekitar 40 hektar ini relatif mudah dijangkau, berjarak sekitar 17 km dari Denpasar masuk ke wilayah administratif Kabupaten Gianyar.

Bali Safari & Marine Park mendapat 293 ribu kunjungan wisatawan.

7

Pura Taman Ayun (363 ribu kunjungan)

Pura Taman Ayun

Wikimedia

Pura Taman Ayun merupakan tempat ibadah yang dibangun pada abad ke-17, tepatnya tahun 1632. Pura yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini termasuk dalam 9 pura utama Bali. Pura Taman Ayun terletak di Kabupaten Badung.

Pura Taman Ayun mendapatkan 363 ribu kunjungan wisatawan.

6

Pura Tirta Empur (450 ribu kunjungan)

Pura Tirta Empul

Pixabay

Sebagaimana namanya Pura Tirta Empul terkenal dengan airnya. Di pura ini terdapat kolam yang airnya biasa digunakan untuk ritual penyucian diri. Pura dibangun pada masa Wangsa Warmadewa pada tahun 962 masehi. Pura ini terletak di Tampak Siring, Kabupaten Gianyar.

Pura Tirta Empul mendapat 450 ribu kunjungan wisatawan.

5

Penelokan Batur (473 ribu kunjungan)

Penelokan Batur

Max Pixel

Penelokan Batur terkenal karena keindahan panorama gunung Batur dan Danau Batur. Selain itu terdapat kuburan unik di Desa Trunyan, dimana terdapat kebiasaan membiarkan orang meninggal di bawah pohon, tanpa dikubur. Penelokan Batur terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli.

Penelokan Batur membukukan 473 ribu kunjungan.

4

Kebun Raya Eka Karya (523 ribu kunjungan)

Kebun Ray Eka Karya

Wikimedia

Kebun Raya Eka Karya atau dikenal juga sebagai Kebun Raya Bali merupakan kebun raya yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kebun raya ini memadukan penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan dan rekreasi alam. Di sini pengunjung disuguhi berbagai tanaman yang tumbuh di hutan hujan tropis.

Kebun Raya Eka Karya mendapatkan 523 ribu kunjungan wisatawan. Kebun raya ini terletak di Kabupaten Bedugul.

3

Pura Ulun Danu Beratan (650 ribu kunjungan)

Pura Ulun Danu Beratan

Wikimedia

Pura Ulun Danu Beratan merupakan tempat suci umat hindu yang dibangun pada tahun 1633. Terletak di ujuang danau Beratan, kawasan wisata Beduhul, Kabupaten Tabanan. Ulun Danu Beratan berupa komplek yang terdiri dari beberapa pura.

Pura Ulun Danu Beratan membukukan 650 ribu kunjungan wisatawan,

2

Pura Uluwatu (1,7 juta kunjungan)

Pura Uluwatu

pxhere

Pura Uluwatu merupakan tempat suci yang berada di Desa Pecatu, Kabupaten Badung. Pura ini menjadi unik karena terletak di ujung bukit setinggi 97 meter yang menjorok ke pantai. Pengunjung bisa menikmati suasana sakral dan relijius terutama di senja hari.

Pura Uluwatu mendapat 1,7 juta kunjungan wisatawan.

1

Pura Tanah Lot (3,17 juta kunjungan)

Tanah Lot

Pixabay

Inilah tempat wisata di Bali yang paling banyak dikunjungi orang. Pura ini tempat pemujaan dewa-dewa laut. Posisinya yang unik berada di atas batu tepi pantai yang akan terpisah dengan daratan apabila air laut sedang pasang. Obyek wisata ini berada di Kabupaten Tabanan.

Pura Tanah Lot diburu para pelancong untuk menikmati keindahan alam ketika matahari terbenam. Suasana sakral dan magis menjadi pengalaman tersendiri ketikan menikmati panorama alam di Tanal Lot.

Pura Tanah Lot membukukan 3,17 juta kunjungan. Dari tahun ke tahun tempat ini tak pernah tergeser sebagai tempat wisata di Bali yang paling banyak mendapatkan kunjungan.


Catatan
Mungkin kunjungan ke pantai-pantai populer tidak diikutsertakan karena pantai-pantai tersebut merupakan tempat terbuka, sehingga tidak bisa dihitung jumlah pengunjungnya.

Loading...