Ternyata 10 pohon terbesar di dunia diberi nama unik, ingin tahu?

Pohon terbesar
Pixabay

Bumi kita memang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, sebagai contoh adalah pohon. Ada yang sudah hidup sampai ratusan bahkan ribuan tahun sampai sekarang. Beberapa jenis pohon yang berumur panjang biasanya berukuran raksasa. Karena unik biasanya pohon tersebut diberi nama dan dikategorikan sebagai pohon terbesar di dunia.

Biasanya pohon yang sudah hidup selama ratusan tahun bahkan ribuan tahun memiliki ukuran yang berbeda dari pohon umumnya, Lalu pohon apa saja yang termasuk dalam kategori “Terbesar di Dunia?”

Berikut kami berhasil merangkum 10 Pohon Terbesar Di Dunia.

10

Gothmog


Gothmog adalah pohon yang sangat besar yang memiliki batang berdiameter 3 meter dengan tinggi 90 meter dan volumenya 337 meter kubik. Pohon ini merupakan pohon ek atau Eucalyptus Obliqua terbesar yang terdapat di Australia. Ciri-ciri dari pohon ini yaitu memiliki kulit kayu yang tebal, kasar dan berserabut dengan daun berwarna hijau mengkilap. Lebar daun pohon Gothmog adalah 1.5 hingga 7 cm dengan panjang 6 hingga 22 cm.
9

Queets Spruce


Pohon ini memiliki tinggi 75.6 meter dan volumenya 337 meter kubik. Pohon yang berada di Amerika ini juga berdiameter 5 meter. Pohon raksasa ini memiliki nama latin Pice Sitchensis yang dilindungi oleh penduduk Sitka. Di Amerika Serikat, pohon ini juga dinobatkan menjadi pohon raksasa tertinggi.
8

Red Creek Fir


Pohon yang asli berasal dari bagian barat Amerika Utara di British Columbia, selatan Kanada hingga California ini merupakan jenis cemara conifer. Tinggi pohon ini mencapai tinggi maksimal 100-120 meter dengan volume 349 meter kubik atau sekitar 12.320 kaki kubik.
7

Strong Girl


Nama lain dari pohon Strong Girl adalah Rullah Longatyle di kawasan Tasmania, Australia. Pohon ini menjadi pohon ek terbesar juga jenis Blue Gum Tasmania terbesar didunia. Jenisnya juga banyak di budidayakan di Australia. Tinggi dari pohon ini mencapai lebih dari 90 meter dengan volume sekitar 368 meter kubik.
6

Eucalyptus Regnans


Nama lain dari pohon ini adalah Giant Ash, Mountain Ash dan Victorian Ash. Eucalyptus Regnans adalah spesies yang asli dari Australia Tenggara dan bisa ditemukan di daerah Tamania dan Victoria. Tinggi dari pohon ini mecapai lebih dari 114 meter dengan volume 391 meter kubik.
5

Quinault Lake Red Cedar


Pohon ini dapat ditemukan di barat laut pesisir danau Quinault bagian utara Aberdeen, Washington atau sekitar 34 kilometer dari Samudera Pasifik. Meski terletak dekat dengan samudera yang memiliki air asin yang mana umumnya kurang baik untuk pertumbuhan pohon, namun pohon ini bisa tetap tumbuh dengan ukuran raksasa. Tinggi dari pohon ini yaitu sekitar 180 kaki atau 55 meter dengan diameter batang 6 meter dengan volume yang mencapai 500 meter kubik.
4

Tane Mahuta


Pohon yang berada di Waipoua Forest, Selandia Baru ini adalah jenis kauri raksasa atau Agathis Australis. Pohon yang sudah berumur sekitar 1250 hingga 2500 tahun ini juga bervolume 516 meter kubik. Pohon ini berdiameter 4.4 meter dan jarak dari tanah ke dahan pertamanya hampir 18 meter. Tidak heran Tane Mahuta dijuluki sebagai ‘Penguasa Hutan’.

Pohon ini masih bisa di temukan di Hutan Waipoua, New Zeland.

3

Arbol del Tule


Nama lain dari pohon ini adalah The Tree of Tule. Pohon cemara ini terletak di kota Santa Maria del Tule, di negara bagian Meksiko, Oaxaco. Bahkan nama kota tersebut didapatkan karena adanya pohon terbesar di Meksiko. Usia dari pohon Arbol del Tule yaitu sekitar 1400 tahun dengan diameter 1.62 meter dan memiliki volume 750 meter kubik.
2

Lost Monarch


Pohon yang banyak ditemukan di California Utara ini memiliki volume 1.203 meter kubik merupakan jenis Coast Redwood. Pohon ini berdiameter 7.9 meter dengan tinggi 98 meter dan mendapatkan gelar sebagai pohon dengan jenis Coast Redwood terbesar di dunia.

1

General Sherman

Pohon yang ditemukan di California Giant Forest of Sequoia National Park ini adalah jenis pohon Sequoia raksasa. Pohon ini memiliki volume sekitar 1.487 meter kubik dengan perkiraan usia 2300 hingga 2.700 tahun. Berat pohon Sherman mencapai 1.250 ton dengan tinggi 83 meter  dan keliling batang pohonnya mencapai 31 meter. Juga, kulit pohon ini bisa setebal 90 cm.

Jadi, selain dianggap pohon terbesar, pohon ini juga dinobatkan sebagai pohon tertua di dunia!

Catatan pohon Sherman ini sudah pernah melewati banyak masa-masa sulit dan tetap bertahan. Seperti kejadian kebakaran, perubahan iklim dan juga kemodernan manusia tidak membuat pohon ini mati bahkan masih bertahan.