Apa perbedaan kera dan monyet?

Perbedaan kera dan monyet
Cecep Risnandar / EnsiklopediaID

Sebutan kera mengacu pada salah satu jenis primata yang memiliki bentuk tubuh seperti manusia, seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu kecuali bagian mukanya, memiliki otak yang relatif lebih cerdas dibanding hewan lain.

Biasanya kera tidak memiliki ekor yang tampak karena ekornya pendek nyaris menyerupai tonjolan saja. Kera bisa berdiri tegak dan berjalan dengan kedua kakinya. Kedua tangannya lebih panjang dari kakinya. Dalam bahasa Inggris kera disebut ape.

Sedangkan monyet merupakan primata seperti kera tetapi memiliki tangan yang lebih pendek dari kakinya dan berjalan dengan empat kaki. Biasanya memiliki ekor panjang. Volume otak monyet relatif lebih kecil dibanding kera, begitu juga dengan tingkat kecerdasannya. Dalam bahasa Inggris monyet disebut monkey.

Klasifikasi ilmiah kera & monyet

Perbedaan kera dan monyet

Dalam ilmu taxonomi atau klasifikasi mahluk hidup, perbedaan kera dan monyet terletak pada tingkat super keluarga. Kedua hewan ini termasuk dalam orde primata, dimana kera diklasifikasikan sebagai super keluarga Hominoidea sedangkan monyet digolongkan sebagai super keluarga Cercopithecoidea. Jenis-jenis monyet yang termasuk dalam Cercopithecoidea sering disebut monyet dunia lama.

Tidak semua monyet digolongkan sebagai super keluarga Cercopithecoidea, beberapa spesies monyet yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan digolongkan sebagai parvorder Platyrrhini. Berbeda dari super keluarga Cercopithecoidea yang digolongkan sebagai parvorder Catarrhini. Salah satu contoh monyet dari parvorder Platyrrhini adalah Marmoset. Jenis-jenis monyet yang termasuk dalam Platyrrhini disebut monyet dunia baru.

Klasifikasi kera lebih banyak lagi, super keluarga Hominoidea terbagi lagi ke dalam keluarga Hylobatidae seperti Gibbon dan keluarga Hominidae yang didalamnya termasuk orang utan, gorila, simpanse dan juga manusia.