10 makanan paling aneh dari berbagai belahan dunia

Bagi manusia normal, makanan yang dikonsumsi haruslah bergisi dan penampilannya tidak aneh ataupun menjijikkan. Namun pada kenyataannya banyak sekali manusia yang masih menyukai makanan aneh. Berikut makanan paling aneh yang bagi umumnya orang normal terlihat menjijikkan ternyata bagi sebagian orang menyukainya.

Kira-kira apa sajakah makanan aneh tersebut? Berikut kami berhasil merangkum 10 Makanan Paling Aneh di Dunia.

10

Burger Cindil


Anak tikus atau biasa kita sebut dengan Cindil dipercaya di Negara China sebagai makanan obat yang bisa menambah stamina, dan bisa membuat tubuh menjadi lebih fit, selain itu juga terdapat banyak protein yang tinggi. Selain itu Cindil juga dipercaya sebagai obat untuk berbagai penyakit misalnya asama, lemah syahwat dll.

Di Negara China terdapat makanan yang super aneh dengan Cindil sebagai bahan utamanya, biasanya digoreng / disayur atau bahkan di jadikan Burger.

9

Casu Marzu (Keju Basi)

Casu Marzu atau biasa disebut juga dengan Casu Cundhidu, Casu Modde atau Formaggio Marcio merupakan keju tradisional yang terbuat dari susu domba.

Casu Marzu dapat diartikan “Keju Busuk” dalam bahasa indonesia, dan di Sardinia dikenal sebagai Keju Belatung, keju ini merupakan makanan favorit di masyarakat lokal di Sardinia, Italia.

Cara pembuatan Casu Marzu ini juga lumayan lama, karena keju dari lemak susu kambing yang sudah jadi akan ditaruh ditempat terbuka untuk membiarkan lalat keju Piophila Casei bertelur didalamnya. Kemudian saat telur menetas menjadi kumpulan larva belatung, hidangan Casu Marzu siap disantap.

Rasa dari Casu Marzu ini sangat unik karena belatung keju tersebut terasa pedas dan creamy, pantas saja banyak orang yang gemar memakannya.

Sebenarnya Casu Marzu sendiri sudah dinyatakan ilegal oleh Lembaga Standar Kehigienisan Uni Eropa, namun peminat dari Casu Marzu tetap banyak dan tetap memaksa untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Bahaya dari Casu Marzu sendiri adalah jika ada kemungkinan tertelan, kemungkinan Larva lalat tersebut akan melewati perut manusia tanpa mengalami kematian, karena asam lambung kadang-kadang tidak cukup untuk membunuh mereka. Jika kasus diatas terjadi bisa menyebabkan luka yang serius pada dinding usus, mual, bahkan diare berdarah.

8

Sate Ulat Bulu

Makanan aneh satu ini terdapat di Indonesia tepatnya di Purworejo, Jawa Tengah, banyak warga setempat yang gemar mengkonsumsi Sate Ulat Bulu, karena mereka yakin bahwa Sate Ulat Bulu tersebut dapat menyembuhkan sakit gigi.

Namun hanya Ulat Bulu yang terdapat pada pohon turi saja yang aman untuk di konsumsi, karena jenis Ulat tersebut tidak beracun dan aman di konsumsi serta memiliki rasa yang gurih.

7

Frog Sashimi


Orang-orang di Negara Jepang memang sangat gemar memakan makanan mentah, misalnya ikan tuna dll. Namun kali ini yang di hidangkan adalah Katak Mentah dalam keadaan hidup-hidup (Sekarat) yang sudah di kelupas bagian paha dan kakinya, serta mengeluarkan usus perutnya.

Biasanya hidangan ini menjadi favorit masyarakat jepang pada saat musim panas berlangsung.

Makanan yang terbilang “Aneh dan Mengerikan” ini memakai bahan baku katak besar yang di impor dari Afrika.

Penyajiannya pun terbilang sangat kejam, karena katak di tusuk, di kuliti, dan diiris-iris, kemudian di taruh di piring yang berisi es dengan kecap dan irisan lemon.

Sempat beredar video seorang wanita yang memakan frog sashimi dengan kejam, karena pada saat paha dan kaki katak tersebut di santap, mata katak sempat berkedip dan jantungnya pun masih terlihat berdetak.

6

Hati Kobra

Makananan ini biasa di konsumsi oleh orang Vietnam, yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan bisa menambah keperkasaan pria.

Namun fakta bahwa hidangan tersebut disajikan dengan kejam ternyata benar, karena pada saat Ular Kobra dalam keadaan hidup-hidup, dada kobra tersebut akan di belah dan diambil hatinya, biasanya di ambil secepat mungkin pada saat hati/jantung kobra masih dalam keadaan berdetak.

5

Escamol

Eskamol merupakan makanan tradisional khas Meksiko, hidangan tersebut merupakan hidangan favorit orang meksiko karena cira rasanya sangat lezat, namun bagi sebagian orang tentunya makanan yang berbahan baku Larva Semut ini menjijikkan.

Bahan baku escamol ini adalah larva semut dari genus Liometopum berwarna putih, dan bisa didapatkan dari akar Agave Tequilana, atau Americana Agave.

Menurut Eat Your World, dalam wawancaranya kepada para penikmat escamol ini mengaku bahwa rasa Escamol ini seperti perpaduan antara mentega dan keju cottage, rasa manis dan sedikit asam membuat makanan ini terasa sangat lezat.

4

Sannakiji (Gurita Hidup)

Sannakiji merupakan makanan yang berasal dari Korea Selatan, Hidangan tersebut dibuat dari gurita yang berukuran kecil atau sedang.

Yang membuat aneh dan mengerikan adalah cara memakan Sannakiji yaitu gurita yang masih hidup di potong-potong diatas piring kemudian dibumbui dengan wijen, saus ringan, dan serutan daun bawah.

Karena disajikan pada waktu masih hidup, meskipun sudah di potong-potong tentakel dari gurita tersebut masih bergerak-gerak saat dimakan.

Pasti kita beranggapan bahwa hidangan makanan tersebut sangat aneh dan ekstrem, namun bagi orang korea selatan sendiri, Sannakiji dianggap sangat lezat dan tidak terlalu aneh, mungkin karena adat istiadat mereka dari kecil.

3

Tarantula Goreng

Kita pasti jijik jika melihat laba-laba besar “Tarantula” dan akan cenderung menjauhinya, berbeda dengan orang Kamboja yang menjadikan Tarantula sebagai makanan favorit mereka.

Meskipun banyak sekali negara-negara yang mengklaim bahwa penduduknya suka memakan serangga, namun sebenarnya hal tersebut merupakan sebuah tipuan untuk menarik wisatawan.

Berbeda dengan Kamboja, seperti yang dilansir CNN Travel, mereka mewancarai beberapa orang kamboja dan mengaku dengan jujur bahwa mereka suka memakan laba-laba “Tarantula” tersebut.

Mereka mengatakan “Tarantula adalah cemilan yang sempurna untuk dinikmati bersama dengan bir”.

Awalnya penduduk kamboja memang tidak pernah memakan serangga sebelumnya, namun pada tahun 1970-an terjadi krisis kelaparan yang mendorong rakyat untuk memakan setiap makhluk hidup yang bisa mereka tangkap, dan secara tidak sengaja ternyata beberapa serangga tersebut terasa sangat nikmat seperti Tarantula, Kalajengking, Belalang, dan Ulat Sutera.

2

Telur 1000 Tahun (Telur Bitan)

Telur yang satu ini memiliki beberapa julukan yaitu Telur Bitan, Telur Hitam, atau Telur Seribu Tahun, merupakan makanan kas masyarakat Tionghoa, yang dibuat dengan mengawetkan telur ayam atau itik dengan campuran abu, lempung, garam, kapur tohor dan sekam padi selama beberapa minggu bahkan sampai beberapa bulan.

Selama proses pengawetan, kuning telur akan berubah menjadi hijau gelam, dan menjadi krim dengan bau belerang dan amonia, dan putih telur akan berubah menjadi sedikit transparan dengan warna cokelat.

1

Balut, Filipina

Balut merupakan rebusan telur itik atau bebek yang sudah muncul embrionya, makanan ini menjadi Trend kuliner di Filipina.

Awalnya balut adalah makanan obat/ jamu untuk orang-orang yang bekerja dengan otot dan membutuhkan energi yang banyak, karena Balut mengandung protein yang cukup untuk menambah kekuatan dan tenaga. Namun sekarang ini balut menjadi sangat populer, bahkan hampir menjadi makanan setiap hari bagi orang Filipina

Dari pengakuan orang yang baru pertama kali memakan Balut, mereka terlihat ragu untuk pertama kali, mungkin karena penampilannya yang menjijikkan, membuatnya tidak sanggup untuk memakannya. Namun jika sudah memakannya maka rasa nikmat dari Balut tersebut akan terasa, mulai dari rasa gurih, hangat, dan asin menjadi satu, dan pastinya akan membuat ketagihan.