Buah Pisang

Diperbarui 3 bulan lalu
Buah Pisang

Buah pisang yang segar dan sudah matang mengandung kalium, pektin, dan serat yang sangat tinggi. Selain itu, terdapat sejumlah kandungan magnesium, vitamin C, dan vitamin B6 yang secara bersama-sama membentuk antioksidan. Secara umum, antioksidan akan melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas. Bahkan, pisang yang sudah matang apabila dioleskan di kulit bisa bermanfaat sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah pisang diantaranya adalah: untuk mengurangi pembengkakan, mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu memproduksi sel darah putih. Berbagai manfaat tersebut bisa didapatkan karena buah pisang mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi.

Kandungan nutrisi

Di dalam 100 gram buah pisang terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

Nutrisi Jumlah
Kalori 89
Lemak total 0,3 g
Lemak jenuh 0,11 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,03 g
Lemak tak jenuh ganda 0,07 g
Lemak trans 0 g
Total karbohidrat 22,8 g
Gula 12,2 g
Serat 2,6 g
Protein 1,1 g

Manfaat buah pisang

  • Menjaga kesehatan jantung. Di dalam buah pisang, beberapa vitamin dan mineral yang ditemukan diantaranya adalah: vitamin B6, vitamin C, dan kalium (potasium). Sebagai sumber potasium, pisang dianggap makanan diet yang cocok digunakan untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Pisang juga memiliki efek positif untuk kesehatan kardiovaskuler (kesehatan jantung). Kandungan kalium (mineral elektrolit) yang ada pada pisang berfungsi untuk membantu mengalirkan listrik ke seluruh tubuh, sehingga detak jantung menjadi lebih teratur.
  • Membantu menjaga kesehatan mata. Selama ini sebagian besar dari kita mungkin hanya tahu bahwa wortel adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Namun sebenarnya, di samping wortel, pisang dianggap sebagai salah satu buah yang juga memiliki manfaat sama. Walaupun vitamin A yang terkandung di dalam buah pisang tidak terlalu banyak, namun cukup signifikan untuk melindungi mata dan menjaga agar penglihatan tetap normal. Serta bermanfaat juga untuk membantu agar mata bisa melihat dengan lebih terang di malam hari.
  • Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Buah pisang juga mengandung sejumlah kalsium yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang, manfaat utamanya adalah untuk menjaga tulang agar tetap kuat. Menurut data dari Journal of Psychology and Biokimia, pisang mengandung fructooligosaccharides dalam jumlah yang sangat banyak. Kandungan tersebut merupakan kandungan karbohidrat non-digestive yang bisa menambah jumlah probiotik sehat di dalam pencernaan. Dan bermanfaat juga untuk membantu tubuh agar bisa menyerap kalsium dengan lebih baik.