Buah Manggis

Diperbarui 2 bulan lalu
Buah Manggis

Ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh buah manggis diantaranya adalah: mengurangi resiko kanker, peradangan, alergi, dan diabetes. Manfaat tersebut tidak lepas dari adanya kandungan antioksidan, anti-jamur, serta sifat anti-bakteri yang terdapat pada manggis. Berbagai kandungan tersebut secara bersama-sama membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam sejumlah penelitian, manggis juga dianggap bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, membantu memanajemen berat badan. Dan yang paling penting adalah, bisa membantu mengatasi masalah disentri dan diare.

Manggis tidak memiliki terlalu banyak varietas. Tanaman tropis ini dalam proses pertumbuhannya membutuhkan curah hujan dan kelembaban tinggi untuk bisa bertahan hidup. Manggis tidak bisa hidup di dataran tinggi.

Kandungan nutrisi

Buah ini kaya akan kandungan air, protein, energi, serat, dan karbohidrat. Diantara kandungan nutrisi penting yang dimilikinya adalah: zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, natrium, tembaga, mangan, dan seng.

Beberapa vitamin yang terdapat di dalam buah ini antara lain: vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin B12. Berbagai jenis vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk meningkatkan imun tubuh.

Beberapa jenis vitamin lainnya yang ditemukan di dalam buah manggis antara lain: riboflavin, thiamin, niacin, asam pantotenat, asam folat, karoten dan cryptoxanthin.

Manfaat buah manggis

Manfaat utama dari buah manggis yang paling banyak menarik perhatian adalah, manfaatnya sebagai anti-kanker. Sifat anti-kanker tersebut dimiliki oleh buah manggis karena adanya kandungan xanthones yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri, sekaligus anti-kanker. Menurut pakar kesehatan, xanthones bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar.

  • Anti inflamasi
    Sejak beberapa dekade. Di Asia Tenggara. Manggis, menurut sejumlah penelitian telah digunakan sebagai agen anti inflamasi, terutama dengan menggunakan ekstrak manggis yang memiliki kandungan anti inflamasi dan anti alergi. Anti alergi dan anti inflamasi yang ada pada manggis dipercaya bisa menghambat perilisan histamin dan prostaglandin yang ada hubungannya dengan peradangan di dalam tubuh manusia.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Seperti yang telah disebutkan, manggis kaya akan berbagai mineral, nutrisi, vitamin, serta xanthone. Semua itu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, nutrisi yang terdapat di dalam buah ini juga bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan gangguan yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  • Manggis dapat menguatkan sel
    Manggis dianggap sebagai ratunya buah-buahan tropis. Didalamnya terdapat antioksidan yang sangat kuat yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan-nya bisa menguatkan sel dan memiliki sejumlah nilai obat sehingga tidak jarang orang menyebutnya sebagai salah satu buah penyembuh, karena kemampuannya membalikkan efek dari berbagai macam penyakit.
  • Manggis memiliki efek cardioprotective
    Buah manggis bisa membantu mengurangi resiko stroke atau infark miokard. Dalam berbagai studi ditemukan bahwa manggis memiliki efek untuk melindungi kardio pada sistem pertahanan jaringan antioksidan dan peroksidasi lipid penderita Stroke.
  • Menjaga berat badan
    Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, manggis secara efektif terbukti bisa membantu menurunkan berat badan.
  • Membantu melawan virus flu
    Manggis adalah sumber vitamin C. Setidaknya terdapat 12% vitamin C di dalam 100 gram buah manggis. Di dunia kesehatan, vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu tubuh manusia melawan berbagai virus, terutama virus flu. Dan, bisa juga membantu menghindarkan tubuh dari bahaya kesehatan lainnya karena terdapat sifat anti-inflamasi di dalam manggis yang dapat melawan radikal bebas.
  • Melindungi terhadap stroke dan jantung koroner
    Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah manggis seperti tembaga, mangan, magnesium, dan kalium, membuat buah ini dapat bermanfaat membantu mengontrol detak jantung, mengontrol tekanan darah, dan melindungi tubuh terhadap penyakit jantung koroner serta stroke.