Yuk, Rekreasi ke Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti
Apriana

Satu lagi tempat yang layak dikunjungi para pecinta agrowisata, Kebun Wisata Pasirmukti. Lokasinya di kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor. Bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Jakarta, kalau lancar. Bila macet, silahkan kira-kira sendiri ?

Kebun ini cukup mudah ditemukan. Bila berangkat dari Jakarta lewat tol Jagorawi, ambil pintu keluar tol Citeureup. Belok kiri sampai ketemu pasar, dari situ bisa dilihat bilboard khusus penanda arah Kebun Wisata Pasirmukti. Dari tempat ini, lokasi kebun kira-kira masih sejauh 4 km menyusuri Jalan Raya Tajur.

Sewaktu saya berkunjung, jalanan di sekitar pasar kondisinya ‘hancur habis’. Apa kabar Pemda Bogor? ?  Jadi, siapkan kendaraan Anda. Walaupun masih bisa dipaksakan, untuk jenis sedan sebaiknya jangan melewati rute ini. Bisa dipilih rute lain, misalnya lewat pintu tol Sentul.

Sesampainya di lokasi, rasa kesal akibat jalan yang buruk terbayar sudah. Pintu gerbang Kebun Wisata Pasir Mukti berada di kiri jalan. Tidak terlalu mencolok, seperti gerbang mau masuk ke perumahan. Begitu masuk, wow! Terbentang sebuah lahan agrowisata yang cukup luas.

Sejarah Kebun Wisata pasirmukti

Keberadaan Kebun Wisata Pasirmukti tak terlepas dari sosok Emily Turanggan. Pada tahun 1979, jebolan Fakultas Pertanian UGM ini mulai berkebun dan menggeluti hobi menanam anggrek di lahan seluas 3.500 meter persegi.

Sedikit demi sedikit, lahan tempatnya berkebun diperluas dengan cara membeli dari petani sekitar. Hobinya terus berkembang. Kebun ini menjelma menjadi tempat rekreasi keluarga dan sahabat-sahabatnya. Pada tahun 2001, kebun mulai dibuka untuk dikunjungi masyarakat umum.

Kemudian, pada tahun 2003 pengelolaan kebun dilakukan secara profesional dibawah PT. Kebun Pasirmukti. Ruang geraknya pun diperluas, Kebun Wisata Pasirkuti dicanangkan menjadi tempat pelatihan pertanian dan rekreasi agrowisata. Ketika baru dibuka, lahan rekreasinya hanya 5 ha. Saat ini telah diperluas hingga menjadi 15 ha.

Kantor Kebun Wisata Pasir Mukti

Fasilitas dan paket wisata

Agrowisata yang bisa dinikmati di Kebun Wisata Pasirmukti cukup beragam. Mulai dari pembibitan anggrek, kebun buah, kebun sayur, hidroponik, kolam ikan hingga ke peternakan. Di sini, pengunjung bisa melihat berpraktek, melihat demo dan berbelanja buah atau tanaman.

Beberapa fasilitas yang sempat kami kunjungi antara lain fasilitas hidroponik. Tempat hidroponik yang ada di Kebun Wisata Pasirmukti tidak terlalu besar.Terdiri dari dua green house yang dilengkapi dengan instalasi hidroponik tipe kolam apung dan vertikultur. Di fasilitas ini, pengunjung bisa mendapatkan penjelasan mengenai cara bertanam hidroponik.

Kebun Wisata Pasirmukti

Fasilitas Hidroponik di Kebun Wisata Pasirmukti. (Foto: Apriana)

Di Kebun Wisata Pasir Mukti terdapat juga kebun buah, baik yang ditanam di dilahan terbuka maupun ditanam dalam pot (tabulampot). Jenis buah-buahannya terdiri dari jambu batu, jambu air, belimbing, jeruk kasturi, mangga, matoa dan masih banyak lagi.

Fasilitas tanaman buah juga dilengkapi dengan tempat peragaan cara bercocok tanam. Pengunjung bisa berpraktek bercocok tanam berbagai jenis buah di tempat ini. Hasil prakteknya bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Kebun Wisata Pasirmukti

Taman Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) di Kebun Wisata Pasirmukti. (Foto: Apriana)

Selain itu terdapat juga fasilitas kebun anggrek, tanaman hias, pertanian sawah, kolam ikan dan kandang ternak. Sayangnya, tidak semua fasilitas siap dengan petugasnya. Terutama bila Anda berkunjung tidak dalam rombongan besar dan bukan hari libur.

Praktek-praktek pertanian bisa didapatkan bila anda membeli paket-paket agro yang ditawarkan. Mulai dari paket agro junior, agro adventure hingga ke paket anak petani. Agro junior misalnya, menawarkan pemanduan agro pintar, menanam anggrek di cup, menanam padi, membajak sawah hingga melukis caping.

Kalau beruntung ada juga demo menanam anggrek dan tabulampot gratis. Biasanya diselenggarakan di hari Sabtu dan Minggu, atau hari libur nasional.

Arena permainan

Berbagai fasilitas penunjang agrowisata terus dibangun, mulai dari penginapan, ruang pertemuan, lapangan, restoran, arena permainan, toko oleh-oleh hingga ke tempat parkir yang luas. Kebun ini memang dirancang untuk rekreasi keluarga, terlihat dari banyaknya arena bermain untuk anak-anak.

Hampir semua permainan di Kebun Wisata Pasirmukti bernuansa alam. Mulai dari bermain di kolam lumpur, menangkap ikan sampai membajak sawah dengan sapi. Sangat cocok untuk mengenalkan anak pada dunia pertanian. Bagi pengunjung yang tidak ingin kotor-kotoran, terdapat juga kolam renang, flaying fox dan arena motor ATV.

Kebun Wisata Pasirmukti

Permainan anak-anak di Kebun Wisata Pasirmukti. (Foto: Apriana)

Bagi orang tua yang menanti anak-anaknya bermain, disediakan juga fasilitas kolam pemancingan. Ikan hasil tangkapan bisa ditimbang dan dibeli. Kalau Anda yang ingin langsung menikmati hasil tangkapan, tersedia kios-kios yang menjual jasa memasak ikan di sekitar kolam pemancingan.

Selain tiket masuk, pengelola menerapkan tiket untuk setiap paket permainan. Sepemantauan kami harga tiket arena permainan bervariasi dari Rp. 10.000-75.000 per orang. Sedangkan harga untuk paket-paket pendidikan agro berkisar Rp. 110.000-350.000 per orang.

Nama:  Kebun Wisata Pasirmukti
Alamat:  Jl. Raya Tajur Pasirmukti Km.4, Citeureup, Bogor 16810
Telpon:  (021) 8794 3864
Web:  www.pasirmukti.co.id
Buka:  Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket:  Rp. 15.000/orang