Halo Pembaca!

Perkenalkan nama saya Cecep Risnandar, pendiri dan pengelola blog ini. Saya nge-blog sejak tahun 2005. Bisa dibilang gaek mengingat blogger seangkatan sudah banyak yang punah.

Rencananya situs web ini dibuat untuk membahas isu-isu geografi dan lingkungan hidup. Tapi kadang-kadang saya juga meyisipkan hal-hal yang bersifat personal.

Apabila perlu, saya bisa dihubungi lewat halaman kontak.


Update: 7 Februari 2016

Saat ini saya sedang membuat proyek Ensiklopedi. Sebuah pekerjaan besar untuk menyusun dan menyajikan kembali pengetahuan geografi dan lingkungan Indonesia. Ensiklopedi ini jadi semacam extension untuk blog Jurnal Bumi.

Proyek ini merupakan inisiatif pribadi, dikerjakan sendiri, didanai sendiri, dan dibaca sendiri he..he… Tapi belakangan ada kontributor yang menyumbangkan konten secara sukarela. —thanks bro’s ‘n sistah!


Update: 9 Maret 2018

Meskipun blog ini sudah jarang update, saya tidak berniat menutupnya. Masalahnya, setiap tahun saya harus membayar tagihan domain dan server.

Untuk menutupi biaya-biaya tersebut, mulai bulan ini saya memasang ruang untuk iklan. Mudah-mudahan tidak mengganggu kenyamanan Anda, para pembaca.


Update: 29 Juni 2018

Hari ini blog Jurnal Bumi mengakuisisi kabar10.com, sebuah situs web listikel yang mengurutkan informasi-informasi menarik dari berbagai tema. Artikel-artikel dari Kabar 10 tersebut dimasukkan ke dalam rubrik Top 10.

Tentu saja akuisisi ini tidak hanya sekadar memindahkan konten. Kedepannya rubrik ini akan terus dikembangkan sebagai bagian dari blog Jurnal Bumi.